• header
  • header
  • Kop Sekolah
  • Banner Web 2

Selamat datang di laman resmi milik SMA Negeri 1 Biau | Pengumuman hasil seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2022-2023 akan diumumkan pada hari Sabtu, 18 Juni 2022 pukul 10.00 WITA

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 BIAU

NPSN : 40202043

Jl. MA. Turungku No.74, Kelurahan Kali, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah 94563


sman1lipunoto@gmail.com

TLP : -


          

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 251323
Pengunjung : 111765
Hari ini : 36
Hits hari ini : 84
Member Online : 6
IP : 44.211.26.178
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • MUHAMMAD ARIF (Alumni)
    2020-05-05 15:46:03

    Pengumuman mengenai prosedur dan teknis penerimaan peserta didik baru tahun 2020 akan diumumkan setelah rapat pembahasan hal tersebut yang akan...
  • MUHAMMAD ARIF (Alumni)
    2018-12-05 10:42:02

    Get prepared to be amazed of the 21st century educational system!
  • HAMZAH (Guru)
    2018-10-18 07:41:15

    Semangat belajar di era abad 21
  • HAMZAH (Guru)
    2017-06-03 09:53:19

    Selamat datang Calon Peserta Didik Baru, silahkan download formulir di Menu PPDB 2017=>Informasi Pendaftaran
  • JUNIARTI ABDURRAHMAN HI. TAHIR (Guru)
    2017-06-02 14:27:29

    Alhamdulillah SMAN 1 Biau kembali menerima siswa baru tahun pelajaran 2017/2018

(Kuis) HOW STRONG ARE YOU??




Pernah nggak sih kita merasa bete, kesel, sebel dan rasanya ingin berteriak karena marah? Semua orang, sesekali atau sering pasti pernah marah. Marah merupakan pembawaan sejak lahir. Pada situasi tertentu, marah sebenarnya hal yang normal. Tergantung dari bagaimana kita bereaksi terhadap situasi tersebut dan cara kita mnegekspresikannya. Kalau kita dapat mengelolanya dengan baik, marah dapat menguntungkan karena artinya kita mampu memelihara kehormatan diri.

Menurut salah satu hadits Rasulullah SAW (HR. Bukhari & Muslim), ternyata orang yang paling kuat bukanlah orang yang tidak  terkalahkan oleh orang lain, tetapi adalah orang yang dapat menguasai nafsunya ketika marah. Jadi, siapa nih yang paling kuat di antara kita? Coba deh kuis di bawah ini untuk berkaca diri, apakah ekspresi marah kita sudah tepat atau belum. So, be honest ya!!

 

1. Seorang teman mengejek kamu di depan teman-teman yang lain sebagai siswa bodoh. Kamu akan :

  1. Membiarkan saja, mungkin memang saya bodoh
  2. Mendatanginya dan menanyakan secara baik-baik mengapa mengejek seperti itu , kemudian menyatakan ketidaksukaanmu atas ejekannya
  3. Mendatanginya dan segera memarahinya sambil membalas ejekannya

2. Seseorang yang tidak kamu kenal menabrakmu hingga jatuh

  1. Segera bangkit dan balas mendorongnya hingga jatuh
  2. Melihat terlebih dahulu apakah ia sengaja atau tidak, kemudian memintanya untuk hati-hati
  3. Biar sajalah, toh saya hanya jatuh dan tidak luka parah. Saya tidak ingin cari masalah

3. Kamu baru saja membeli buku yang sangat kamu inginkan dengan hasil uang tabunganmu selama beberapa bulan. Saat pulang sekolah kamu melihat buku itu sudah sobek dan kotor karena ulah adikmu

  1. Mencari adikmu, dan menanyakan apa yang terjadi hingga buku itu rusak. Lalu memintanya untuk membantumu memperbaiki atau membersihkannya
  2. Ya sudah mungkin sudah nasib buku itu tidak rapi lagi. Semoga masih bisa dibaca
  3. Segera mencari adikmu dan menjewernya. Anak itu memang harus diberi pelajaran agar menghargai milik orang lain!

4. Saat membawa setumpuk buku yang berat, seseorang tanpa sengaja menabrakmu. Teman-teman lain yang melihat kejadian itu menertawakanmu. Kamu akan:

  1. Menunduk malu, sekaligus marah dan sedih atas perlakuan teman-teman yang tidak sopan, kemudian buru-buru pergi
  2. Nyamperin mereka dan melabrak mereka karena telah menenrtawakanmu
  3. Ikut tertawa, kemudian meminta mereka membantumu membereskan buku-buku tersebut

5.  Pada saat bermain catur (atau permainan lain dengan aturan tertentu) kamu melihat lawan mainmu melakukan perbuatan yang melanggar peraturan. Kamu akan

  1. Bertanya "Kamu lupa peraturannya ya? Kok jalannya seperti itu?"
  2. Memukul tangannya dan berkata "Jangan curang kamu!"
  3. Kesal dengan kecurangannya namun diam saja karena tidak ingin ia berhenti bermain denganmu

 

                                                                     

6.  Orang tuamu melarang untuk mengikuti kegiatan ekstra di sekolah. Padahal kamu sangat merasakan manfaatnya bahkan saat ini sedang bertanggungjawab atas kelangsungan kegiatan tersebut. Kamu akan:

  1. Merasa bahwa orang tua tidak mengerti anak muda dan marah pada mereka dengan berkata-kata, masuk kamar dan mogok bicara. Selanjutnya kamu akan diam-diam pergi atau berbohong agar tetap dapat mengikuti kegiatan itu
  2. Merasa kesal dan sedih. Namun memang sudah sepantasnya mereka mengatur anak sesuai dengan keinginan mereka
  3. Mencari tahu alasan mereka melarang dan menocba menjelaskan mengenai kegiatan tersebut dan tanggungjawabmu di sana

7.  Sahabatmu membuka rahasiamu pada orang lain tanpa seizinmu. Kamu akan

  1. Menanyakan padanya apa maksudnya membeberkan rahasia tersebut dan menerima bila alasannya cukup baik
  2. Diam saja pura-pura tidak tahu karena tidak ingin kehilangan sahabat meski menyimpan kekecewaan marah padanya
  3. Marah padanya dengan mengomelinya atau mendiamkannya dan memutuskan untuk tidak lagi berteman dengannya

8.  Ada bagian tubuhmu yang menurut beberapa orang kurang proporsional (misalnya: pendek, hitam, pesek) dan mereka meledekmu hampir setiap hari karenanya. Kamu akan

  1. Tersenyum saja dan berlalu. Aku memang jelek seperti kata mereka kok
  2. Kesal juga mendengar ejekan mereka terus, Saatnya mendatangi dan memarahi mereka. Kalau perlu pukul salah satu diantara mereka
  3. Tertawa dan mengatakan "Hei, ini ciptaan Allah loh. Kalian berani mengejek ciptaan-Nya?"

9.  Ada sekelompok teman yang kamu senangi dan kamu anggap baik, anggapan orang tua malah sebaliknya. Orang tuamu kemudian melarangmu berteman dengan mereka, bahkan memintamu untuk segera pulang ke rumah setelah sekolah

  1. Wah orang tua sekarang memang kuno. Lebih baik berbohong dan berjanji menemui mereka di tempat yang tidak dilihat orang tua
  2. Mencoba menjelaskan apa kebaikan dari teman-teman tersebut dan apa manfaat yang dapat diambil dari pertemanan itu, sambil mencari tahu alasan mengapa orang tua melarang. Siapa tahu alasan mereka lebih tepat
  3. Kalau melihat pengalaman selama ini, orang tua selalu benar. Jadi lebih baik memutuskan pertemanan dengan mereka


 10.  Salah seorang teman yang pernah dekat denganmu menyebarkan fitnah pada teman sekelasmu bahwa kamu adalah orang yang suka memanfaatkan teman. Kamu akan

  1. Memintanya untuk berbicara empat mata setelah pulang sekolah dan menanyakan apa kesalahan yang telah kamu lakukan terhadapanya
  2. Meski marah mendengar fitnah tersebut, tapi biar sajalah toh nanti juga berlalu
  3. Segera mendatanginya dan melabraknya atas fitnah yang telahdisebarkannya itu kemudian memutuskan untuk tidak lagi berteman dengannya

 

               

Cocokkan dan jumlahkan jawabanmu berdasarkan tabel berikut dan lihat seberapa kuat sih kamu!

No

A

B

C

1.

1

2

3

2.

3

2

1

3.

2

1

3

4.

1

3

2

5.

2

3

1

6.

3

1

2

7.

2

1

3

8.

1

3

2

9.

3

2

1

10

2

1

3

 

Kalau jumlah jawaban kamu...

10 - 16

Waduh, repot juga nih. Kamu mungkin akan disukai karena jarang marah-marah.  Tetapi kamu juga harus menghargai dirimu dong. Marah itu wajar bila memang hak dan kehormatanmu dilanggar. Kamu berhak untuk membela diri dan mengekspresikan perasaanmu. Jangan dipendam  saja, nanti malah sakit hati. Dan juga jangan sampai orang tidak menghargaimu dan kamu sendiri malah merasa marah serta sedih akan keadaanmu. Emang enak jadi orang yang tidak dihargai? Kezaliman itu timbul kalau kamu membiarkan dirimu untuk dizalimi. So, mulai sekarang cobalah cari cara untuk bisa lebih mengkespresikan perasaanmu dan menjadi orang yang lebih dihargai, paling tidak oleh dirimu sendiri.

17 - 23

 Selamat!! Kamu adalah orang yang kuat! Kamu dapat mengendalikan  perasaan dalam menghdapi situasi yang sebenarnya membangkitkan keinginan untuk marah-marah. Kamu mampu memilih tindakan yang tepat agar suatu masalah terselesaikan tanpa menimbulkan masalah baru ataupun membuatmu harus memendam perasaan sendiri. Kamu juga mampu menempatkan posisimu sejajar dengan orang lain, dalam arti kamu menghargai dirimu  dan orang lain.

24 - 30

 Wah, kamu perlu belajar untuk jadi orang kuat nih. Ingat loh, mengalahkan orang lain bukan berarti kamu jagoan. Banyak hal yang dapat diselesaikan tanpa harus marah-marah dan balas menyakiti orang lain. Kamu mungkin merasa lega karena rasa marah yang ada dalam hati dapat terungkapkan  dengan tuntas. Tapi lihat deh, ada nggak orang yang merasa disakiti dengan tingkah lakumu. Jangan-jangan justru malah timbul masalah baru karena ulahmu. Karena bisa jadi orang lain merasa tidak dihargai karena tindakanmu. Lagipula marah-marah yang berlebihan buang buang energi, kan? 

  

Diambil dari: Lembar Khazanah Majalah Sabili No. 6 Th. X 3 Oktober 2002




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : oxiadcuj -  [soduxe@ideaj.fodiscomail.com]  Tanggal : 22/09/2022
http://slkjfdf.net/ - Iivipof <a href="http://slkjfdf.net/">Mekokas</a> wnr.jdsq.smansabiau.sch.id.dao.ax http://slkjfdf.net/

Pengirim : exosayatume -  [ifinahage@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 04/01/2022
<a href=http://slkjfdf.net/>Ozuhuj</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Ogodarug</a> iqs.winc.smansabiau.sch.id.njn.hn http://slkjfdf.net/

Pengirim : ekafoboc -  [euqeiez@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 15/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Eprujubo</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Usutequw</a> gnc.tcpr.smansabiau.sch.id.rzl.ku http://slkjfdf.net/

Pengirim : okanukocij -  [ogvepa@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 15/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Xubrir</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Arivasep</a> hpq.svca.smansabiau.sch.id.daa.hw http://slkjfdf.net/

Pengirim : sadjsal -  [sdasd@gmail.com]  Tanggal : 23/03/2019
<div style="background-color: black; left: 0;right: 0;top: 0; ">SORY</div>


   Kembali ke Atas